3 Cara Mengatasi Nyeri Payudara Ketika Menstruasi

Posted by Miss Wulan

cara atasi payudara yang sakit ketika haid dan penyebab nyeri payudara jelang mennstruasi
Cara mengatasi nyeri payudara ketika menstruasi – Sebagai perempuan,kamu pasti mengalami masa haid atau menstruasi atau disebut juga PMS (Premenstrual Syundrome). Keadaan ini biasanya terjadi setiap satu bulan sekali. Kondisi ini membuat sejumlah perubahan terjadi pada tubuh seperti timbulnya jerawat, nafsu makan jadi tinggi, nyeri punggung, sakit kepala hingga perut terasa sakit. Segala perasaan tersebut menjadi pertanda jika hari menstruasi akan segera datang. Sejumlah wanita juga merasakan payudaranya terasa sakit sekali. 

Mengapa hal itu bisa terjadi ya? Apa penyebab nyeri payudara ketika jelang haid? Terus gimana cara mengatasi nyeri tersebut? Simak langsung ulasan berikut ya. 

Penyebab payudara terasa sakit saat menstruasi; 


1. Produksi hormon progesterone dan estrogen meningkat. Hormon – hormon itulah yang menyebabkan sejumlah perubahan kondisi tubuh terjadi. 

2. Tubuh menyimpan air dalam jumlah yang banyak. Hal inilah yang membuat sebagian tubuh jadi bengkak. Sejumlah pakaian, celana yang biasa kamu kenakan terasa sesak. kandungan air yang berlebih inilah yang juga membuat payudara terasa nyeri. Lantaran, syaraf – syaraf di payudara melebar sehingga membuat payudara sakit sekali 

Bagi kamu yang pernah merasakannya pasti sangat tidak nyaman, iya kan? Mungkin sebagian wanita membiarkannya karena bila haid telah selesai maka nyeri di sekitar payudara tersebut nantinya juga akan hilang sendiri. Tetapi pastinya kamu ingin mengurangi rasa sakit yang kamu rasakan itu, betulkan? Kalau iya simak sejumlah cara berikut. 

Beberapa cara mengatasi nyeri payudara ketika menstruasi; 


1. Gunakanlah bra yang dapat menyangga payudaramu dengan kuat. Karena bila kamu kamu melintas di jalan yang bergelombang, maka payudaramu yang tergoncang tidak akan terasa begitu sakit. Sebaiknya kamu menggunakan sport bra. 

2. Kurangi konsumsi garam Bila kamu orang yang doyan makan makanan yang mengandung banyak garam maka ketika haid sebaiknya kamu kurangi kadar garam dalam makananmu. Lantaran, garam bersifat mengikat air sehingga hanya akan menjadikan tubuhmu lebih banyak menyimpan kandungan air. Sehingga nyeri payudaramu akan semakin parah. 

3. Bila rasa sakit sudah tidak tertahankan, minumlah obat dari resep dokter. 

Nah ladies itulah sejumlah cara mengatasi nyeri payudara ketika menstruasi. Meskipun kamu mengalaminya hanya saat jelang haid, kamu pasti ingin rasa sakit tersebut juga berkurang. Cobalah sejumlah cara tadi dan rasakan perubahan yang ada pada tubuhmu. Ada satu saran yang juga bisa mengurangi sejumlah rasa sakit jelang menstruasi dengan memperbanyak minum air putih seminggu sebelum haid. Sehingga kamu juga harus tahu siklus menstruasimu ya ladies. Jadi ketika hari itu sudah dekat maka konsumsilah air putih lebih banyak dari biasanya. Semoga segala rasa sakitmu hilang. Selamat mencoba.





Blog, Updated at: 05.38

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Kami

Diberdayakan oleh Blogger.