7 Cara Atasi Luka Bakar Dengan Bumbu Dapur

Posted by Miss Wulan

cara atasi luka bakar menggunakan bumbu dapur seperti putih telur, kantung teh, kentang, cuka, baking soda, lidah buaya
Cara atasi luka bakar dengan bumbu dapur – Pastinya kita tidak menginginkan ada kecelakaan ketika memasak kan tapi kadang kala kita mendapat luka yang tidak pernah kita harapkan seperti tergores pisau atau kulit terbakar karena tanpa sengaja bersentuhan dengan wajan yang masih panas. Bila luka bakarnya masih ringan, kamu tidak perlu panik ladies karena sesungguhnya sejumlah bahan dapur dapat menyembuhkan lukamu tersebut. 

Kamu tidak perlu langsung telepon dokter tapi lakukanlah sejumlah pertolongan pertama seperti ulasan berikut. Bila kulitmu sampai melepuh setelah tanpa sengaja bersentuhan dengan wajan panas, maka secepat mungkin dingin lukamu dengan kucuran air dari kran. Baru kemudian kamu dapat menggunakan sejumlah bumbu dapur berikut seperti yang dimuat dalam Tipnut.com. 

Beberapa cara atasi luka bakar dengan bumbu dapur; 


1. Gunakanlah putih telur 

Pecahkan satu butir telur, lalu pisahkan antara putih dan kuningnya. Kemudian oleskanlah putih telur pada daerah sekitar kulitmu yang terbakar. Tunggulah sampai kering, kemudian bilas dengan air. Bila kulitmu yang melepuh masih besar, kamu dapat ulangi hingga mengecil. Dengan pertolongan semacam ini dapat mencegah kulitmu tidak melepuh semakin parah. 

2. Gunakanlah kantung teh 

Teh dipercaya dapat menyembukan luka karena mengandung tannin. Cara memakainya ambillah kantung teh, lalu celup – celup ke dalam air dingin. Setelah itu jadikan teh sebagai kompres untuk luka bakar yang kamu alami. Cukup letakkan kantung teh di atas luka bakarmu. 

3. Gunakanlah kentang 

Caranya parutlah kentang kemudian bubuhkan parutan kentang tadi di atas daerah kulitmu yang terbakar. 

4. Gunakanlah cuka 

Walau cuka memiliki bau yang tajam tapi bahan yang satu ini cukup efektif untuk menyembuhkan luka bakar. Kamu bisa tuang langsung air cuka ke kulitmu yang terbakar . Kamu bisa juga menuangkannya pada kain bersih terlebih dulu, dan kamu usapkan pada luka bakar di kulitmu. Cuka dipercaya dapat mencegah terjadinya infeksi karena bakteri. 

5. Gunakanlah baking soda 

Luka bakarmu akan sembuh dengan cara mencampurkan baking soda dengan air sehingga menjadi pasta. Kemudian oleskanlah pada kulit mu yang melepuh. Bila sudah kering, bilaslah dengan air bersih. 

6. Gunakanlah lidah buaya 

Ambillah tanaman lidah buaya yang ada di pekaranganmu, iris dan ambillah gelnya. Lalu sapukan ke kulitmu yang terbakar. 

7. Jangan gunakan mentega 

Mentega hanya akan menjadikan kulitmu bertambah panas karena panas seolah terjebak di bawah permukaan kulitmu. 

Nah ladies itulah sejumlah cara atasi luka bakar dengan bumbu dapur. Tapi satu hal yang perlu ingat ladies, sejumlah bumbu tadi hanya untuk mengbati luka bakar ringan ya ... jadi bila luka bakar mu serius, segera hubungi dokter.





Blog, Updated at: 13.57

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak Kami

Diberdayakan oleh Blogger.